Sabtu, 19 September 2009

Situs Jejaring Sosial Berbagai Model

Selain memiliki fungsi sebagai media interaksi sosial, situs-situs jejaring sosial punya fungsi sebagai media komunikasi yang efektif bagi pemerintah untuk mendapatkan masukan langsung dari masyarakatnya. Sudah banyak situs jejaring sosial yang terkenal, seperti Friendster, Facebook, dll. Tapi kini, ada juga model-model baru jejaring sosial yang memiliki keunikan masing-masing. Berikut situs-situs jejaring sosial pilihan warta eGov yang layak anda kunjungi.

Http://www.fupei.com
Jejaring Sosial Asli Indonesia
Jika anda merasa bosan dengan Friendster, maka FUPEI bisa menjadi alternatif baru yang menawarkan sejumlah keunggulan. FUPEI adalah situs jejaring sosial buatan warga negara Indonesia, Sanny Ghaddafi. FUPEI sendiri adalah Kependekan dari Friends Unity Program Especially Indonesia.
Sejumlah fitur yang menarik disediakan oleh FUPEI. Selain mampu mengikat anggotanya dengan sebuah komunitas lewat SouthBox dan Chatroom, FUPEI menyediakan fasilitas-fasilitas menarik, seperti Download dan Upload foto, musik, dan video seperti halnya situs YouTube. Plus, FUPEI lain bisa memberi komentar terhadap karya fupeis-sebutan untuk member FUPEI.
FUPEI juga menyediakan sarana blogspot dan fitur Open ID yang bisa dipakai untuk situs-situs web lainnya. Ada pula fasilitas Official Profile bagi yang ingin berpromosi lewat blog atau link FUPEI. Disediakan pula aplikasi game dalam bentuk flash, misalnya game klasik seperti Tetris, Pacman, dan Space Invader.


http://www.ngecap.com
Microblogging Asli Indonesia
Ngecap.com adalah layanan untuk mengekspresikan atau menyuarakan apa saja yang ada dalam benak siapa saja, atau sekadar laporan singkat dari siapapun, dan dimanapun berada. Semua anggota ngecap bisa saling mengomentari jika sudah saling terdaftar sebagai teman. Layanan ini juga dikenal dengan isilah microblogging atau ngeblog singkat. Layanan yang diciptakan oleh situs berita detik.com ini memiliki sederet fitur yang sederhana, yaitu jumlah karakter yang tidak terlalu banyak, serta emoticon dan mood yang bisa diatur. Tidak ada fitur lain di situs ini, hanya sekedar menyediakan wadah untuk menyuarakan ekspresi para anggotanya. Namun, situs ini bisa digunakan untuk saling berinteraksi antar angotanya, dan nilai plus dari situs ini justru dari kesederhanaan tampilannya. Plus, ada poin yang bisa didapatkan setiap kali menuliskan postingan yang bisa dilihat oleh member lain. Jika poin sudah banyak, ada hadiah tertentu yang disediakan oleh pengelola situs.

http://www.twitter.com
Microblogging Sekilas Info
Kasus terorisme di Mumbai, India, berhasil direkam secara up to date oleh para blogger menggunakan situs microblogging bernama Twitter. Twitter adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Dengan Twitter, seorang pengguna bisa mengirimkan tulisan atau laporan secara ringkas, karena kapasitas karakter yang disediakan hanya sedikit. Sebab, twitter memang memiliki kelebihan bisa diakses dengan menggunakan perangkat telepon seluler. Twitter bahkan digunakan oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama untuk berkampanye dan berinteraksi dengan para konstituennya.

http://www.ning.com
Bikin Jejaring Sosial Sendiri
Banyak situs jejaring sosial yang ada, namun ning.com menawarkan sensasi yang berbeda. Yaitu, kesempatan untuk menciptakan jejaring sosial sendiri. Sehingga, siapapun bisa membuat situs jejaring sosial layaknya Friendster dan Facebook, mengumpulkan berbagai teman dan relasi dalam satu jejaring yang tentunya akan memberikan berbagai manfaat bagi si pembuat. Diantaranya membangun komunitas yang lebih interaktif. Ada beberapa langkah mudah untuk membuat situs jejaring sosial yang lebih customized. Mulai dari pemilihan nama jejaring sosial (seperti Facebook, heartbook, dll) lalu alamatnya (misalnya, www.heartbook.ning.com) hingga pengaturan tampilan, tata letak, dan nuansa situs yang bisa diatur sedemikian rupa. Termasuk, fitur-fitur yang hendak ditampilkan disitu. Ada berbagai fitur yang disediakan di setiap jejaring sosial, antara lain video, musik, blog, photo sharing, chatbox, dan masih banyak lagi. Situs pembuat jejaring sosial ini sangat cocok bagi kalangan komunitas yang ingin menciptakan jejaring sosial yang memiliki ciri khas komunitas tersebut secara gratis. Meskipun demikian, ning.com juga menawarkan fasilitas berbayar dengan fasilitas yang lebih baik.

- 24 Januari 2009

Sumber :
19 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar