Sabtu, 19 September 2009

Polling: Situs Jejaring Sosial Favorit

olling ketiga yang diadakan oleh erakomputer telah ditutup. Di polling ketiga saya mencoba mencari tahu versi Windows apa yang sekarang digunakan oleh para pengunjung erakomputer dan ternyata Windows XP masih sangat banyak digunakan dengan memperoleh 118 suara atau 59% dari total 200 suara yang masuk.

Hal ini semakin membuktikan bahwa meski Microsoft telah meluncurkan Windows Vista beberapa tahun lalu untuk menggeser Windows XP tapi masih banyak para pengguna yang tetap bertahan dengan Windows XP. Dalam polling, Windows hanya mendapatkan 53 suara atau 27%. Hasil lengkap polling 'Versi Windows yang sekarang digunakan' bisa dilihat di sini.

Sekarang pertanyaan untuk polling yang keempat adalah situs jejaring sosial favorit para pengunjung erakomputer.

Seperti kita ketahui bahwa era Web 2.0 sudah hadir sejak beberapa tahun lalu dan seiring waktu maka bermunculanlah situs-situs jejaring sosial yang bercirikan terbuka secara global.

Di Indonesia sendiri meskipun saat ini demam Facebook sudah semakin menjadi-jadi tapi itu baru berlangsung belum lama ini, sebelumnya adalah situs Friendster yang menjadi pilihan umum para pengguna internet di Indonesia sebagai situs jejaring sosial favorit.

Meskipun banyak sekali situs jejaring sosial yang tumbuh dan berkembang sekarang namun saya hanya akan membatasi lima saja. Lima situs tersebut dipilih dengan berdasarkan jumlah pengguna terbanyak, yang datanya diperoleh dari Wikipedia, dan kriteria lainnya seperti kepopuleran di Indonesia.

1. Facebook

Diperkirakan saat ini jumlah penggunanya mencapai 200,000,000 orang di seluruh dunia dan akan terus berkembang.

2. Friendster

Pernah menjadi salah satu situs terpopuler di Indonesia, walaupun sekarang digeser oleh Facebook. Penggunanya di seluruh dunia diperkirakan mencapai 90,000,000.

3. hi5

Situs hi5 termasuk populer di beberapa negara di Asia tapi kurang populer di negara barat seperti Amerika Serikat. Jumlah penggunanya saat ini diperkirakan mencapai 80,000,000.

4. Multiply

Walaupun di negara Amerika Serikat tidak populer namun di Indonesia khususnya situs ini banyak dikenal dan diisi untuk meningkatkan jaringan. Penggunanya diperkirakan sekitar 10,000,000.

5. MySpace

MySpace merupakan situs jejaring sosial yang memiliki jumlah pengguna terbesar di dunia. Diperkirakan saat ini jumlahnya mencapai 253,145,404.

Silahkan dipilih dan mohon maaf bagi anda yang memiliki situs jejaring sosial favorit lainnya seperti Tagged, FUPEI, Ning atau Meetup, yang namanya tidak tercantum dalam daftar polling kali ini.

- 13 Mei 2009


Sumber :

Roemasa

http://www.erakomputer.com/content/blog/05/Polling-Situs-Jejaring-Sosial-Favorit

19 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar